Senin, 23 Agustus 2010

Rilis Ubuntu


Salam ubuntu lovers! Setelah tahu pengertian dan sejarah ubuntu. Kali ini akan diinfokan tentang rilis ubuntu. Perlu ubuntu lovers ketahui, setiap rilis ubuntu mempunyai nama kode dan nomor versi. Nomor versi berdasarkan tahun dan bulan dari rilis. Pengen tahu lebih jelas rilis ubuntu, jangan kemana-mana. OK ! Tetep simak blog the ubuntu. hehehe, mau ?

Sudah dijelaskan bahwa setiap rilis ubuntu mempunyai nama kode dan nomor versi. Nomor versi berdasarkan tahun dan bulan dari rilis. Sebagai contoh, rilis Ubuntu yang pertama, 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004. Rilis ubuntu keluar setiap 6 bulan sekali tiap bulan April dan Oktober.

Rilis ubuntu biasanya terdiri dari 2 edisi, yaitu edisi Desktop dan Server. Perbedaan mendasar pada keduanya adalah pada versi desktop terdapat tampilan desktop manager sedangkan pada edisi server tidak ada, hanya command prompt saja. Sejak Ubuntu 9.10 dirilis juga edisi untuk netbook yang diberi nama Ubuntu Netbook Remix.

Berikut daftar rilis Ubuntu yang telah dirilis dan yang direncanakan untuk dirilis:
Rilis Ubuntu Release code Ubuntu terdiri dari dua kata yang berupa adjective (kata sifat) yang diikuti dengan nama hewan yang disusun secara alphabetis setiap rilisnya, kecuali versi 6.06 ke bawah (4.10; 5.04; 5.10). Misalnya Hardy Heron, terdiri dari kata sifat hardy (Bold; brave; stout; daring; resolute; intrepid.[1913 Webster]) dan heron (sejenis burung).

CD Ubuntu dapat diperoleh secara bebas/gratis dalam bentuk iso maupun kepingan cd melalui shipit. Bagi pengguna Internet di Indonesia dapat mengunduh berkas Ubuntu lebih cepat dari cermin-cermin yang ada di Indonesia dibandingkan mengunduh dari situs luar.

Simak juga tutorial ubuntu berikutnya tentang cara mendapatkan CD ubuntu gratis. So, jangan kemana-mana ! OK

0 komentar:

Posting Komentar

"Silahkan Tulis Yang Ada dalam Kepala Anda"