Selasa, 10 April 2018

Kolam Atutu, kolam di Kelurahan Airnona yang TERLANTAR.

Kolam Atutu, kolam di Kelurahan Airnona yang TERLANTAR.
Kemarin, Beta pi barendam kolam Airnona, dulu disebut kolam Atutu, tempat mandi dua putri raja Baki Sonbai. Sayang prasasti yang ada sepotong cerita disamping pohon beringin samping kolam depan kantor lurah airnona itu sudah tidak ada lagi, sejak direnovasi.
Kayaknya sisa ini kolam Airnona dan kolam Amnesi saja kolam alam warga yang free di Kota Kupang. Sayang kondisinya kurang terawat. Penuh dedaunan dan lumut. Tegelnya pun sudah banyak yang pecah. Kemarin seorang warga kakinya terobek karena menginjak bagian tehel pecah didasar kolam.
Kolam yang dulu berdinding batu, saat ini dipasang tehel semuanya, dasarnya su pendek sa sekarang, padahal dulu kalau mata air su pecah, ada juga rembesan mata air dari bagian dasar kolam. Dulu, orang dewasa berdiri ju masih tenggelam, sekarang bagian paling dalam hanya sebatas leher orang dewasa sa, kata om A.
Sejak rehap dan diserahkan ke pihak kelurahan, tak ada orang khusus yang diberikan tanggungjawab untuk menjaga kebersihan kolam dan sekirtarnya. Lopo-lopo, prosotan dan ayunan su bakarat, bangku beton penuh coretan vandalis, bahkan tangga stenlis dalam kolam pun hilang, tersisa 1 saja, sampah plastik berserakan.
Sebuah bangunan bertingkat dari kayu, bagus yang direncanakan sebagai perpustakaan warga, kosong, terlantar begitu saja. Coba dong pasang wifi ko kitong pung anak sekolah datang baca buku dan kerja tugas sekolah sambil menikmati sejuknya sekitar kolam na bae e, ko ada dana operasional Lurah tu, kata om E.
Banyak anggaran yang su dikeluarkan, coba dong kasi kitong warga ko kelola, kasi gaji dua tiga orang ko tiap hari jaga kebersihan, cedok kotoran dalam kolam, na bae e. Musim panas, kalo kolam kering na, buat sumur bor didalam halaman kantor lurah sa untuk isi air kolam to, kata ama W.
Sekitar tahun 2004, KNPI Kota Kupang pernah buat lomba renang di kolam ini, ramai sekali. Tahun 2007/2008 Geng motor IMUT dan lurah Airnona saat itu, pernah buat kebun organik di halaman kantor lurah dan tanah ditanah warga didekat kolam ini. Bahkan, sudah dibuat perpustakaan kelurahan untuk anak sekolah dan warga, namanya perpustakaan Atutu. Beta tanam pinang bonak di halaman kantor lurah, su sonde ada lai.
Sekarang, kolam ini menjadi tempat latihan atlit renang Kota Kupang dan Propinsi NTT. Ya, dikolam penuh lumut, lumpur dan sampah ini atlit renang kita mengasah stamina.
Aset ini terlantar. Sungguh disayangkan.
Semoga para caleg yang ada masok keluar rumah warga Airnona bisa pikir ini. Walikota Kupang sesekali datang maloi ko mandi disini, supaya ada ide urus ini kolam, di Airnonia ini basis Jeriko Firmanmu to... mari ko urus su... bikin bae pengelolaan fasilitas, bahkan pasang pipa ke warga di Kapadala dan sekitarnya supaya bisa ba tanam sayur..

https://www.facebook.com/noverius.nggili/posts/1570419306340166?notif_id=1523171495964780&notif_t=feedback_reaction_generic&ref=notif



0 komentar:

Posting Komentar

"Silahkan Tulis Yang Ada dalam Kepala Anda"